Kamis, 28 November 2013

Jejak Macan Ditemukan Tim Ekspedisi di Danau Ranu Tompe Semeru

Malang - Ranu Tompe selama ini menjadi kawasan belum terjamah bebas oleh manusia. Keberadaan hayati dan ekosistem di danau yang berada di lereng Gunung Semeru, Jawa Timur, masih terjaga.

Tim ekspedisi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) yang secara khusus melakukan ekspedisi untuk mencari lokasi danau perawan itu, menemukan jejak yang diindikasikan dari kaki macan.

"Belum diketahui jelas jejak dan cakar Harimau Jawa atau yang lain. Kita belum identifikasi sampai sana. Yang jelas jejak dan cakar mirip harimau kita temukan di pinggir danau," ucap Kepala BB TNBTS Ayu Dewi Utari berbincang dengan detikcom di kantornya, Kamis (31/10/2013).

Menurut dia, kawasan Semeru memang menjadi habitat dari Macan Kumbang ataupun Macan Tutul, meski populasi persisnya belum diketahui jelas. Namun adanya jejak itu, lanjut dia, semakin memperkuat keberadaan satwa-satwa tersebut.

"Yakin sekali, di situ tempat mereka selama ini," tuturnya.

Ia menambahkan, beragam vegetasi bisa dijumpai di kawasan danau masuk wilayah inti atau jantung TNBTS itu, jumlahnya mencapai puluhan jenis.

Rencananya, identifikasi akan dilakukan untuk merangkum seluruh kekayaan ekosistem di wilayah tersebut. "Pastinya akan ada rencana seperti itu. Tujuan menginventarisir flora dan fauna di sana (Ranu Tompe)," imbuh dia.

Dari keterangan yang dihimpun detikcom, Ranu Tompe yang luasnya sekitar 0,7 hektar itu masuk kawasan Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Hanya saja koordinatnya masih dirahasiakan.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar