Jumat, 21 September 2012

Survey Bumper Situ Gunung, Sukabumi

Selamat pagi dan salam lestari buat sahabat-sahabat penikmat alam lainnya.

Postingan saya kali ini yaitu cerita perjalan saya bersama team tramper ke BUMPER Situ Gunung, Sukabumi
Situ gunung adalah salah satu bumi perkemahan yang berada didesa kedudampit, cisaat sukabumi, bumper ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (lereng) tempatnya yang sangat luas memungkinkan kita untuk melakukan segala aktifitas yang ingin kita lakukan. Fasilitas yang disediakan cukup beragam, gambar dibawah adalah brosur dan tiket(kwitansi) yang kami dapat dari pengelola, jadi temen-temen bisa liat apa sajafasilitas yang disediakan oleh pihak ybs:

Brosur dan Kwitansi

15 September 2012
Jam 13:00
Team berangkat menuju wanawisata Bumi perkemahan(bumper) Situ Gunung, sukabumi. Kami cuma berempat saja agil, iwank, ziki dan saya(rendy) menggunakan 2 sepeda motor , masing-masing dari kami membawa daypack  yang kebetulan sama merknya yaitu CONSINA, maklum saja karena memang kami pengguna setia Merk consina. Cuaca cukup panas saat kami berangkat tapi itu tak menjadi penghalang buat kami untuk bermalam dialam. perjalanan kami tempuh selama hampir 4 jam, itu juga dikarenakan lalulintas yang sangat padan dimana isinya sebagain besar didominasi oleh Fuso dan sejensinya, wajar saja karena memang sukabumi termasuk sebagai kawasan industri. Dari jalan raya cisaat kami masuk kejalan desa kadudampit patokannya adalah polsek cisaat belok kiri.
Jalanannya menanjak dan rusak jadi kami harus ekstra hati-hati dalam mengendarai sepeda motornya. kurang lebih dari polsek cisaat hingga  TKP itu sekitar 10Km dan pemandangan disekilingnya cukup indah juga.

Jam 17.10
Akhirnya kami sampai dTKP dimana lagi kalau bukan di Bumper Situ Gunung, suasanaya indah dan asri sekali saya yakin teman-teman pasti suka dengan suguhan alam yang ada dikawasan ini. Dengan segera kami langsung menuju pos pendaftaran untuk mendaftar bermalam dibumi perkemahannya, penjaganya sangat ramah dalam menerima tamu terlebih dahulu mereka menjelaskan peraturan dan tarif yang berlaku diwisata alam ini. Untuk tarif bermalam diBumpernya dikenakan Rp. 6000 namun pada malam pertama pengunjung akan dikenakan biaya pengelolahan dari taman nasional sebesar Rp.20.500. saya rasa ini bukan harga yang mahal jika dibandingkan dengan fasilitas dan kebersihan yang telah diberikan kepada pengunjung, karena jarang sekali kita menemukan sampah yang menumpuk disalah satu sudut ata yang tersebar dikawasan bumper. kembali kecerita lagi yak..!!

Setelah administrasi selesai kami tak langsung menuju bumper, kami terlebih dahulu mengisi perut yang sudah kosong sejak diperjalan yang kami tempuh selama 4 jam. disekitar pos pendaftara ada banyak warung-warung yang siap kita singgahi, disana kami memesan makan yang paling mahal dan mewah yaitu  MIE REBUS+NASI PUTIH, heheheh ..!! namun ketika kami sedang asik makan tiba-tiba hujan turun cukup deras. Sesaat kami terkejut karena dengan turunnya hujan berarti rencana kami untuk bermalam dibumper bisa gagal karena kami tidak membawa tenda yang dibawa hanya flysheet dan perlengkapan tidur serta memasak saja.

Jam 19.00
Hujan pun tak kunjung reda, akhirnya kami coba rembukin untuk memutuskan apakah kami akan tetap bermalam dibumper atau diwarung saja, dengan beberapa pendapat dan saran dari team serta melihat dari segi kelengkapan dan kenyaman akhirnya kami memutuskan untuk bermalam diwarung saja, baru keesokan paginya kami berangkat menelusuri wisata Situ gunung dan saat itu juga niatan kami dirubah menjadi survey tempat wisata alam.

Saya kembali kepos untuk melapor kalau kami tidak jadi bermalam dibumper, kenapa saya lapor karena dari pengelola  menyiapkan guide untuk mengantar kami ke lokasi perkemahan maka dari itu saya lapor agar tidak saling menunggu. setelah melapor saya kembali kewarung untuk menikmati malam dikawasan ini, hawanya cukup dingin, karena kami berada pada ketinggian 850Mdpl.

Jam 21.00
Ngopi sudah, bakar tembakau sudah, ngemil bakwan panas sudah, bingung mau ngapain lagi dan kebetulan mata sudah sayup-sayup kami tidur saja dibale bambu samping warung tempat kami singgah. tak lama kami tertidur tiba-tiba saya tindien atau erep-erep seketika saya bangun dari tidur itu juga mengakibatkan teman-teman saya terbangun juga karena melihat kondisi saya. Namun setelah mereka yakin saya tidak apa-apa ya kami kembali tidur.

16 September 2012
Jam 02.30
Kami kembali terbangun dari tidur mungkin dikarenakan suhunya yang cukup dingin kira-kira sekitar 19 drajat. tapi kami siasati dengan memesan teh panas agar tidak terlalu kedinginan.

Jam 05.30
Ngobrol-ngobrol tak jelas ternyata ayam suda mulai berkokok, sehingga kami mulai membereskan peralatan tidur kami dan siap untuk mengabadikan sunrise yang tampak dari balik pepohonan. tripod dan kamera kami siapkan dan siap untuk menunggu proses dari matahari terbit itu.

Jam 07.00
Kami siap untuk menelusuri area situ gunung namun tujuan utama kami adalah bumi perkemahan terlebih dahulu baru kemudian air terjunnya dan terakhir danaunya. jalur utamanya cukup landai(BONUS) dikanan kiri dikelilingi oleh pohon2 besar, dan tak jarang juga kalau masih pagi kita bisa melihat segerombolan lutung buntut panjang yang sedang asik bergelantungan dipohon besar dan lompat bebas dari satu pohon kepohon lainnya. sehingga kita merasakan kehidupan liar dialam yang sebenar-benarnya sungguh asri dan indah pemandangan yang bis kita dapatkan ketika dipagi hari, suara kicauan burung, suara hembusan angin yang sejuk dan suara suara alam yang kita tidak ketahui dari mana asalanya, yang jelas itu semua bisa kita dapatkan dibumi perkemahan ini.

Jam 08.00
Kami sampai di TKP, tempatnya asik juga dipinggirannya terdapat sungai kecil yang nantinya bisa kita gunakan sebagai sarana untuk mandi dan ambil air.

Jam 09.00
Waktunya membuat sarapan. sehabis sarapan kami mandi disungai, berfoto-foto, bersantai dsb.

Jam 10.00
Kami bersiap siap untuk menuju air terjun sawer.
dari bumper kecuruq sawer tidak terlalu  jauh sekitar 500meter jalannyapun juga tidak sulit apa lagi terjal. per orang dikenakan biaya Rp. 3000, tapi karena kami sudah daftar untuk bermalam jadi kami tidak dikenakan biaya tambahan lagi, cukup menunjukan kwitansi yang sudah diberikan oleh pengelola. Dari pintu masukkami berjalan  kurang lebih 100m  dan wow kami cukup terkejut melihatnya karena volume air yang dijatuhkan oleh curuq sawer cukup deras dan besar,belum lagi dibawahnya ada kolam yang memungkinkan pengunjung untuk berenang dengan leluasa.kurang lebih setengah jam kami menikmati air terjun sawer tersebut dan berfoto2 setelah puas kami segera menuju danau.

Jam 12.00
Menuju danau situ gunung, jalan kembalinya menuju persimpangan situ gunung cukup berat memang sudah dibentuk tangga oleh pengelola tetapi kemiringannya itulah yang membuat track menjadi terjal dan mesti extra tenaga, bak mendaki saja saat kita ingin kembali, yang jelas cukup menguras tenaga dan keringat saat ingin kedanau, kami harus menuruni lembah yang cukup terjal.

Jam 01.00
Sesampainya didanau kami tersentak karena melihat danau yang kering kerontang, volume tampungnya tinggal 10% dari 100%, cukup miris melihatnya namun mau bagaimana lagi ini sudah fenomena alam yang tidak bisa kita lawan dan ini memang benar benar kemarau panjang. karena perut kami mulai lapar jadi kami mencari tempat yang jauh dari keramain orang pada umumnya. akhirnya kami menemukan tempat sepi yang letaknya depan penginapan vila. kami masak dan makan siang disitu, kemudian berfoto-fota dan kembali kepos.

Jam 16.00
Kami pulang kejakarta, cuaca mendung saat itu, dijalan kami kejebak oleh hujan yang sangat deras jarak pandangpun sangat terbatas, terpaksa saya hujan-hujan dari sukabumi smpai bogor, dari basah sampai kering.

Jam 20.40
Sampai dikediaman rumah saya diciputat.

Hasil Foto-foto yabng dapat kami abadikan:

Bersiap-siap kebumper (warung temapt kami tidur)

Jalur awalnya menuju bumper(landai chooiii)

Rintangan
 Kawasan Bumi Perkemahan

hutan yang mengelilingi bumper

Jurang yg ada disepanjang jalur

Sarapan jooo

Sungai( sekaligus tmpt hunting )

Area bumper1

Simerah penghuni curuq sawer

Pengunjung terfavorit

Kawasan Danau Situ Gunung

Demikian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat buat teman teman
Kalau masih kurang puas kalian bisa lihat DISINI dialbum kami.