Jumat, 21 September 2012

Gede Pangrango Ditutup, 12 Pendaki Liar Diamankan


 Sukabumi - Gunung Gede dan Gunung Pangrango sedang ditutup untuk kunjungan wisata pendakian gunung selama sebulan sejak 1 hingga 31 Agustus 2012.

Namun disinyalir terdapat pendaki gunung liar masih nekat masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor.

Seperti di wilayah Kabupaten Sukabumi, sebanyak 12 orang yang baru turun dari mendaki Gunung Gede berketinggian 2.958 meter dari permukaan laut (M dpl) berhasil diamankan petugas Balai Besar TNGGP Bidang Wilayah II Sukabumi di Desa Perbawati Kecamatan Sukabumi, Selasa (28/8/2012) malam.

''Benar ada 12 orang yang mengakui baru turun dari Gunung Gede. Mereka sudah kami identifikasi dan diberikan pengarahan atau penyuluhan,'' kata seorang petugas piket Balai Besar TNGGP Bidang Wilayah II Sukabumi Dudi saat dihubungi INILAH.COM, Selasa (28/8/2012).

Diberitakan sebelumnya, curah hujan Gunung Gede dan Gunung Pangrango pada Agustus diprediksi sangat rendah sehingga rawan kebakaran. Hal ini sesuai peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Karenanya, kegiatan khusus wisata pendakian gunung di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) untuk sementara ditutup. Penutupan berlangsung selama sebulan, sejak 1 hingga 31 Agustus 2012.

''Penutupan pendakian gunung ini untuk mencegah terjadinya kebakaran. Penutupan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya,'' kata Kepala Balai Besar TNGGP Agus Wahyudi, Sabtu (21/7/2012).[jul]

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar