Selasa, 13 Maret 2012

Rencana Pemasangan Plat Penunjuk Arah



Dewasa ini banyak sekali berjamuran kelompok-kelompok pemuda yang mencuat didunia olah raga yang cukup ekstrim yaitu Mendaki gunung, dimana kita ketahui resikonya sangat besar dari cedera ringan sampai berat, tersesat bahkan meninggal. semua itu dikarenakan kurangnya bekal ilmu yang mereka punya, biasanya hal ini terjadi dari kelompok-kelompok pemuda yang hanya modal nekat saja dalam mendaki gunung, sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berbeda dengan kelompok pecinta alam yang jelas memiliki pelatihan khusus bagaimana ketika mendaki gunung, contoh Sispala, Mapala, atau KPA, kemungkinan untuk celaka lebih kecil dibandingkan dengan kelompok yang hanya bermodalkan kenekatan saja.

contoh resiko yang dihadapi para pendaki ialah, cidera, tersesat, hipotermia, kelaparan, gangguan mahkluk halus bahkan kehilangan nyawa. Namun semua itu tergantung dari pendaki itu sendiri, Untuk apa mereka melakukan pendakian ?? menikmati alam cipataan tuhan kah(tafakur alam) atau hanya sekedar merusak ekosistem alam saja ?!!.

Nah, maksud saya menulis artikel ini ialah ingin mencoba peduli akan keselamatan pendaki pemula dan alam sekitar( bukan berarti so pahlawan atau lainnya) yaitu dengan cara PEMASANGAN PLAT PENUNJUK ARAH, di gunung pangrango, Kenapa saya pilih gunung panrango?!, karena pangrango salah satu gunung kegemaran saya dijawa barat, kemudian alasan kedua ialah dijalur pendakian menuju lembah mandalawangi tidak ditemukan penunjuk arah sama sekali sedangkan jalurnya banyak sekali cabang yang dapat menyesatkan pendaki. maka dari itulah saya memilih gunung pangrango untuk dijadikan tempat pemasangan plat.

Entah ini dilarang oleh taman nasional atau tidak, namun saya tidak bermaksud untuk melanggar, atau mengotori alam pangrango, hal ini saya lakukan semata-mata demi keselamatan pendaki agar tidak ada lagi yang tersesat, hanya itu saja.

Saya harap dari teman2 khususnya sahabat sependaki saya ikut berpartisipasi dalam pemasangan plat ini, baik dengan jiwa raganya maupun dengan financial agar berjalan lancar misi solidaritas kita sesama pendaki. thx

Ilustrasi sementara Plat yang akan dipasang seperti gambar dibawah ini :



Budged yang dibutuhkan masih dalam perhitungan.
Bahannya berupa plat, lempengan (plat nomor kendaraan bermotor
Waktu pemasangan, rencana Akhir april namun tergantuh selesai platnya.
sekian dan terima kasih.


TRAMPER
EXPERIENCE WILD IN NATURE



3 komentar:

  1. bravoooo . . . . . semoga lancar dan berguna

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx ya ces, smoga berguna bagi pendaki lainnya..
      mohon doanya ces.

      Hapus
  2. wah... mantep nih... ane dukung gan.. :cendolbig

    BalasHapus